Resep Apple Cake

Bahan:
125 gram tepung terigu
1 sdr baking powder
1/2 sdr soda kue
2 sdr kayumanis bubuk
1/2 sdr jahe bubuk

Apple Cake



125 gram margarin
250 gram gula kaster
80 ml simple sirup
1 butir kuning telur
1 sdr vanili
75 ml sari buah apel

Cara Membuat:
1. Panaskan oven hingga suhu 175 derajat Celcius. Olesi loyang dengan margarin, sisihkan. Masukkan tepunng terigu ke dalam mangkok besar. Beri baking powder, soda kue, kayumanis, dan bubuk jahe. Aduk hingga rata, sisihkan.
2. Masukkan margarin ke dalam wadah agak besar. Beri gula kaster dan simple syrup lalu kocok dengan kecepatan tingga hingga lembut kepucatan. Tambahkan kuning telur dan vanili. Aduk hingga rata.
3. Masukkan campuran tepung terigu ke dalam kocokan margarin sambil tetap diaduk hinggga semua bahan tercampur rata. Lalu tuang sari buah apel sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan licin.
3. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah diolesi margarin. Lalu panggang selama 45 menit hingga cake matang dan padat berwarna kuning kemasan.Keluarkan dari oven dan biarkan beberapa saat dalam loyang. Setelah agak hangat, potong-potong cake dan sajikan.

Untuk 10 porsi

Tips:
* Tusukkan lidi ke dalam cake. Jika lidi tetap bersih setelah ditarik berarti cake sudah matang. Jika adonan cake menempel di lidi, berarti bagian cake masih basah dan beluim matang.
* Saran penyajian: siram dengan saus coklat, susu vanila, gula halus, dan bubuk kayumanis dan aneka es krim rasa buah.
* Symple Sirup dibuat dengan melarutkan gula pasir dalam air mendidih dan direbus dengan daun pandan hingga kental. Bisa digangti dengan sirup vanili.
* Tambahkan potongan kecil apel dalam adonan tepung untuk variasi isian.

No comments:

Post a Comment